Kemiskinan menghantui warga Mekarsari.

Views: 288

Bogor , Mekarsari-medianasionalnews.id

“Semakin Maju Negaranya Semakin Bahagia Penduduknya” benarkah statemen tersebut ? tentu saja itu tidak sepenuhnya benar dalam prosesnya banyak yang dikorbankan salah satunya adalah Petani. Seperti yang dialami desa kecil di pesisir pantai utara Indramayu di Jawa Barat ini bakal dibangun PLTU Batubara. Lanjutan dari pembangunan PLTU Indramayu 1, yang sudah beroperasi terlebih dahulu sejak 2010.

Sayangnya, banyak petani dan nelayan yang mengeluhkan kalau hasil tani dan tangkapan ikannya menurun. Belum lagi perubahan iklim lokal di sekitar desa, dan tidak sedikit balita yang mengidap ISPA setelah PLTU Indramayu 1 beroperasi, karena banyaknya asap hitam dari cerobong-cerobong PLTU. Ditambah lagi, ancaman kekerasan dan kriminalisasi bagi para petani yang menyuarakan keluhnya.

Bisa terbayang kalau PLTU Indramayu 2 (1000 MW) jadi dibangun di Desa Mekarsari. Bukan cuma ancaman kehilangan lahan sawah, sebagai mata pencaharian mereka sehari-hari. Tetapi juga ancaman kesehatan untuk mereka dan anak-anak mereka kelak.

Sedangkan, PLTU Indramayu 2 proyeknya akan dimulai dengan pinjaman Pemerintah Jepang dan Jepang International Cooperation Agency ( JICA ). Jika Pemerintah Jepang dan JICA menyetujui maka, akan terjadi pada awal tahun depan bersamaan dengan rencana pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan konstruksi itu pada tahun 2026.

Bagaimanakan Nasib Petani dan generasi penerusnya di Desa Mekarsari, Indramayu, Jawa Barat kedepanya ?

Berikut adalah kutipan permintaan untuk pemerintah Jepang dan JICA

PENANDATANGAN :
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI – FoE Indonesia)
WALHI West Java
Friends of the Earth Japan
350.org Japan
Japan Center for a Sustainable Environment and Society (JACSES)
Kiko Network, Japan
Mekong Watch, Japan

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page