Panglima Laot di Beri Edukasi Hukum Kelautan Oleh Lanal Lhokseumawe

Views: 536

Lhokseumawe – medianasionalnews. Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe memberi edukasi hukum kelautan kepada seluruh panglima laot diwilayah Lanal Lhokseumawe mulai dari Pidie hingga Aceh Tamiang. Kegiatan terlaksana
di Puslat TNI AL kawasan Rancong Pulau Seumadu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Jumat (11/ 02/2022).

Disitu, para panglima laot diberikan materi tentang pengenalan tugas dan fungsi pokok TNI AL, aturan hukum kelautan, pukat trawl, dan lainnya.

Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Marinir Dian Suryansyah, kepada wartawan mengatakan tujuan menyatukan para panglima laot mengenalkan tentang angkatan laut, dan tugas keamanan laut. Tim KSOP dan Dinas Perikanan juga diundang untuk menjelaskan bagaimana keabsaan surat, dan siapa yang mengeluarkan surat keterangan kapal ikan tangkap bagi nelayan.

“Terkait dengan masalah pukat trawl kita minta mereka (nelayan) untuk tidak memasuki dalam 12 mil laut, karena ini adalah wilayah laut untuk nelayan-nelayan kecil kita. Kalau nelayan kapal kecil tidak bisa menangkap ikan maka apa yang terjadi.

” Kita berharap masyarakat dapat meningkatkan ekonominya dan kesejahteraan agar dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan yang ilegal,” jelas Dian Suryansyah.

Lanjud dian, dari pembinaan potensi maritim, TNI AL punya bakti sosial kepada masyarakat atau Binpotmar. Terkait penggunaan pukat trawl oleh sebagian nelayan, kita melihat
dulu trawl itu kapasitasnya berapa.Masalah ABK yang diamankan beberapa waktu lalu karena menggunakan pukat trawl, mereka dilakukan pembinaan oleh TNI AL di kapalnya yang saat ini berada di Pelabuhan Krueng Geukueh, Aceh Utara.

“Kita tidak menahan mereka, karena kegiatan ini lebih kepada persuasif. Kita hanya mengamankan para ABK atau nelayan sambil menjalani proses selanjutnya bagaimana,” tutup Dian. (Nyak)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page