Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali Setiap Hari

Views: 341

Medan – medianasionalnews. Al-Ikhlas merupakan surat ke-112 yang terdapat di dalam Al-Quran. Tahukah kalian keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas 10 kali setiap hari?
Namun sebelum itu, kalian juga perlu tahu bahwa surat yang terdiri dari empat ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di Kota Makkah.

Secara garis besar, surat Al-Ikhlas ini menjelaskan tentang salah satu sifat Allah, yakni yang Esa.
Dalam surat ini ditekankan pula larangan untuk menyekutukan-Nya. Namun atas izin Allah, Nabi Muhammad berhasil lolos dari kepungan kaum kafir Quraisy sehingga dapat melanjutkan perjalanan hijrahnya.

Sejarah Surat Al-Ikhlas
Mengutip dari berbagai sumber, Asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas menekankan tentang keesaan Allah. Dikisahkan pada sebuah zaman terdapat sekumpulan golongan kafir Quraisy yang mempertanyakan tentang Tuhan yang disembah oleh Nabi Muhammad SAW.

Semua dimulai saat Rasulullah SAW ingin melakukan Hijrah menuju Madinah. Pada kesempatan yang sama ternyata golongan kafir Quraisy sedang merencanakan pembunuhan kepada beliau pada saat ia berangkat menuju Madinah.

Singkat cerita salah satu dari golongan kafir Quraisy yang bertanya kepada Rasulullah ‘Hai Muhammad, terangkanlah kepadaku tentang Tuhanmu. Bagaimana Dia mempunyai kekuatan seperti itu, apakah Tuhanmu terbuat dari emas atau perak?’

Pada saat yang sama malaikat Jibril turun menghampiri Rasulullah dengan membawa wahyu dari Allah sebagai jawaban atas pertanyaan tadi, sampai saat ini hal tersebut diabadikan dalam surat Al-Ikhlas.

Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas 10 Kali
1. Dibangunkan rumah di surga.
Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 10 kali setiap harinya merupakan salah satu jenis amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadits riwayat shahih yang berbunyi ”Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas hingga selesai 10x, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” [HR. Ahmad].

Hal ini juga didukung fakta bahwa surat Al-Ikhlas merupakan surat yang dicintai oleh Allah, barangsiapa yang mengamalkan hal tersebut maka akan dijanjikan rumah di surganya Allah.

2. Dicintai Allah SWT
Pada kesempatan itu, ada sebuah kisah dimana ada seorang sahabat yang selalu membaca surat Al-Ikhlas tiap kali ia menjadi imam salat berjamaah. Hal tersebut rupanya meninggalkan pertanyaan di kepala jamaah yang kala itu selalu mengikuti salat yang dipimpin oleh sahabat tersebut.

Selanjutnya sahabat tersebut menghadap kepada Rasulullah SAW untuk menjelaskan alasan mengapa ia selalu membaca surat Al-Ikhlas setiap ia mengimami salat berjamaah. Alasannya adalah karena dalam surat tersebut banyak sekali sifat-sifat Allah yang pada akhirnya membuatnya jatuh cinta pada surat tersebut.

Rasulullah SAW menanggapi dengan penjelasan bahwa Allah SWT mencintai sahabat tersebut karena ia mencintai surat Al-Ikhlas. Hal ini dikatakan dengan penjelasan bahwasannya di dalam surat Al-Ikhlas berisikan tentang sifat-sifat Allah.

Demikian adalah ulasan tentang keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas 10 kali setiap harinya. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan keagamaan untuk anda sekalian. Andi Mulia

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page