Pelaksanaan ANBK 2021 di SPAN Medan Berjalan Lancar dan Tetap Utamakan Prokes

Views: 294

Medan – medianasionalnews. SMK Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Medan mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021.

Pelaksanaan ANBK ini digelar di laboratorium sekolah Jalan Turi Ujung/Jalan Bahrun Jamil No. 94, Kota Medan dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat, pada Rabu (22/9/2021).

Kepala Sekolah SPAN Medan, Dody Arisandy S.Pd saat diwawancarai wartawan mengatakan ANBK merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil,” ucap Dody.

Dody menjelaskan, anak didiknya yang mengikuti ANBK ini berjumlah sekitar 21 orang secara bergelombang. Tidak ada kendala saat ANBK berlangsung. Seluruh taruna/i yang mengikuti ANBK bisa mengisi semua pertanyaan atau soal yang diberikan.

“Asesmen Nasional (AN) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar serta menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar,” jelas Dody.

Vivi Megayanti selaku Operasional/Humas SPAN Medan mewakili pihak Yayasan Pendidikan Pembangunan Nasional (YPPN) Sumatera Barat mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi pengalaman bagi taruna/i yang mengikutinya.

Sementara itu Emma Malia, S.Pd., M.Hum., M.Pd selaku Pengawas Pembina SPAN Medan mengatakan seluruh taruna/i yang menimba ilmu di SPAN Medan semuanya berjalan dengan arahan dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Kita melaksanakan ANBK 2021 selama dua hari terhitung dari hari Rabu-Kamis, 22-23 September 2021 di laboratorium sekolah. Untuk kedepannya dalam pelaksanaan belajar mengajar tatap muka yang diperbolehkan oleh pemerintah nantinya bisa lebih maksimal. Kita tingkatkan komptensi dan kualitas anak-anak kita. Karena teori dan praktek memang harus sejalan. Soft skill dan hard skill mereka agar bisa dipakai nantinya di dunia industri dan usaha kedepannya,” pungkas Emma. Afdal

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page