Jokowi Tak Singgung Soal Pemberantasan Korupsi Di Sidang Tahunan MPR

Views: 288

Medan – medianasionalnews. Penggiat anti korupsi dan Medsos, Andi Mulia, SE menyayangkan pidato Presiden Jokowi yang tak menyinggung soal pemberantasan korupsi di Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021).

“Sangat disayangkan, isu tentang pemberantasan korupsi absen dalam pidato presiden pada sidang tahunan MPR tahun 2021 ini,” kata Andi

Menurut dia, korupsi menjadi permasalahan krusial yang dihadapi Indonesia. Sebab menurut survei Transparency Internasional pada tahun 2020, indeks persepsi korupsi di Indonesia melorot dari poin 40 pada 2019 menjadi 37 di pada 2020. Bahkan peringkat Indonesia dalam pemberantasan korupsi berada di ranking 102 dari 180 negara yang disurvei.

“Dua pembantu presiden pada tahun lalu terlibat dalam kasus korupsi. Indonesia sedang tidak baik-baik saja khususnya dalam kasus korupsi,” kata dia.

Andi memberikan catatan lain terkait institusi Komisi Pemberantasan Korupsi kerap disorot publik, mulai soal tes wawasan kebangsaan hingga beleid internal KPK yang mengatur perjalanan dinas pegawai KPK.

Menurut dia, sengkarut yang terjadi di KPK semestinya menjadi perhatian Presiden sebagai upaya nyata menjawab harapan publik terhadap institusi KPK.

“Sayangnya isu pemberantasan korupsi absen diperbincangkan dalam momen penting sidang tahunan ini,” ujar dia.

Andi mengatakan secara umum, materi pidato presiden didominasi penanganan Covid-19 selama 1,5 tahun terakhir. Hanya saja, Andi Mulia mengingatkan, penanganan Covid-19 yang menyedot anggaran belanja negara cukup banyak, semestinya secara linier diikuti dengan semangat pencegahan dancheck pemberantasan korupsi.(nyak)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page