KSAL Laksamana Yudo Sampaikan Instruksi Panglima TNI Soal Serbuan, Bulan April Harus Tuntas

Views: 280

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan peninjauan serbuan vaksinasi Covid-19 di Lapangan Hartono, Pasmar-1 Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (29/3). Pemimpin tertinggi TNI AL itu hadir mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto itu menargetkan 3.000 personel akan menerima vaksin covid-19.

“Sesuai instruksi Panglima TNI untuk memenuhi target vaksinasi Covid-19, pada bulan April 2021 harus selesai (tuntas, red) dan terpenuhi semuanya,” ujar Laksamana Yudo. Laksamana Yudo mengatakan pada tanggal 29 Maret 2021 ini TNI AL menargetkan vaksinasi kepada 10.500 personel terdiri dari Pasmar 1 Jakarta 3.000 personel, Pasmar 2 Surabaya 3.000 personel, Kodiklatal 1.500 personel, Koarmada II Surabaya 1.500 personel, dan Brigrif Marinir Lampung menargetkan 1.500 personel. Pada kesempatan itu, Laksamana Yudo didampingi Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta pejabat teras TNI AL menerima penjelasan dari Kadiskes Kormar Kolonel Laut (K) dr. Ariyo S. Bintoro dan Komandan Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Marinir (Danrumkitalmar) Cilandak Kolonel Laut (K/W) dr. Jati Barandini Prastiwi.

Dokter Jati menjelaskan tentang pelaksanaan vaksinasi prajurit mulai dari proses registrasi, pengecekan tensi dan suhu, verifikasi, skrining, vaksinasi, observasi dan pemberian sertifikat telah divaksin. Menurut KSAL, hingga saat ini Prajurit TNI AL yang sudah melaksanakan vaksinasi untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) target 7.000 personel pencapaiannya mencapai 95,41 persen. Sedangkan non kesehatan target 63.178 personel pencapaiannya 60,36%. Jumlah keseluruhan personel TNI AL 70.178 personel. “Pelaksanaan vaksinasi tidak ada kendala berarti, hanya perlu membutuhkan waktu dalam proses distribusi vaksin,” ujar Yudo. KSAL Laksamana Yudo mengatakan dalam waktu dekat ini sebanyak 3.000 Prajurit TNI AL di Sorong, Papua Barat akan menerima vaksinasi di Markas Koarmada III. Prajurit yang akan melaksanakan vaksin yakni Koarmada III, Pasmar-3 dan Lantamal XIV Sorong.

Selain itu, Yudo juga menyampaikan sarana dan prasarana yang dimiliki TNI AL di seluruh Indonesia bisa digunakan masyarakat setempat untuk kegiatan vaksinasi karena memiliki lapangan yang cukup luas. Dia meminta masyarakat yang ingin memanfaatkan sarana dan prasarana tersebut bisa koordinasi langsung dengan satuan-satuan kewilayahan TNI AL terdekat. Prajurit TNI AL melaksanakan vaksinasi di Kotama-Kotama TNI AL dan Lantamal serta Lanal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah. Khusus Satuan Kerja Mabes AL dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Denma Mabesal, untuk vaksin pertama dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Maret dan vaksin kedua dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Maret 2021. TNI AL juga bekerja sama dengan Kemenkes RI memberikan vaksinasi terhadap Purnawirawan TNI AL dengan target sebanyak 1.000 orang. “Purnawirawan yang hadir melaksanakan vaksin sebanyak 867 orang terdiri dari 447 orang di Balai Samudera dan 420 orang di Graha Jala Bhakti, Pangkalan Jati,” ujar Laksamana Yudo.(hg)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page