Soal Suntik Vaksin Corona

Views: 236


MPU Aceh : Kita Tunggu Sertifikasi Halal dari MUI

medianasionalnews.id – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menyatakan masih menunggu sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menjawab tentang hukum penggunaan vaksin corona. Saat ini MUI disebut sedang memeriksa untuk menerbitkan status hukum dalam konteks agama Islam.
“Belum disampaikan oleh MUI, jadi walaupun vaksin itu sudah didistribusikan, tetapi belum ada izin dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), belum ada sertifikasi halal dari MUI,” kata Wakil Ketua MPU Aceh, Teungku Faisal Ali, kepada awak media, Selasa (5/1).
Meski belum mengantongi izin dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI, menurut Teungku Faisal, pendistribusian vaksin sudah dilakukan karena jangkauan ke seluruh Indonesia yang jauh.
“Jadi didistribusi terus, berdasarkan pemaparan BPOM bersama kami kemarin. Tapi mereka tidak melakukan suntik vaksin dulu sebelum ada izin dari BPOM dan hukum dari MUI,” tuturnya.
Menurut Teungku Faisal, saat ini MUI sedang bekerja untuk menetapkan status hukum penggunaan vaksin corona dari sisi agama. “MPU Aceh menunggu status penggunaan vaksin itu dari MUI pusat,” sebutnya.
Sebelumnya, 14 ribu vaksin corona Sinovac tiba di Aceh, pada Selasa (5/1). Antivirus corona itu mendarat sekitar pukul 08.00 Wib di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.
“Adapun jumlah vaksin COVID-19 sebanyak 8 boks dengan berat 292 kilogram (14.000 vaksin Sinovac),” kata Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Mohamad Satriyo Utomo, kepada awak media, Selasa (5/1).
Vaksin itu mendarat di Aceh dengan pesawat Lion Air JT 210 rute CGK-BTJ. Kedatangan vaksin ditunggu sejumlah pejabat Militer, Polisi, dan Dinas Kesehatan Aceh.
Dari bandara, vaksin kemudian dibawa ke kantor Dinas Kesehatan Aceh yang berada di Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.(wahyudin/nyak)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page